Selamat Datang di Brawirawi
Dapatkan Info Beasiswa Terbaru dan Terupdate
Lihat Yuk!

Cerita Mahasiswa Aceh Lebaran di Belgia, Telpon Keluarga Hingga 2 Jam

 Cerita Mahasiswa Aceh Lebaran di Belgia, Telpon Keluarga Hingga 2 Jam


Jeri At Thabari, mahasiswa Indonesia asal Aceh merayakan Lebaran 2022 di Belgia. Idul Fitri tahun ini adalah kali pertama mahasiswa program doktoral tersebut merayakannya selain di Indonesia.
Rasa kangen keluarga tentu dirasakan Jeri di hari kemenangan umat Islam. Untuk silaturahmi dan bermaaf-maafan, Jeri menghubungi keluarganya di Aceh melalui video call dengan durasi cukup lama.

"Lumayan lama, sekitar 2 jaman saya telponan (video call) dengan kedua orang tua dan saudara-saudara saya. Kebetulan, adik dan kakak-kakak saya berkumpul semua di Aceh pada Lebaran tahun ini," kata Jeri yang sedang menuntut ilmu di Ghent University (Universiteit Gent).




Dengan adanya perbedaan waktu Indonesia dan Belgia, Jeri menghubungi keluarganya di malam takbiran. Di pagi hari usai sholat ied, Jeri mempersiapkan acara halal bihalal yang diadakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Gent.

Jeri mengatakan, Idul Fitri kali pertama di negeri orang membuat hatinya trenyuh saat mendengar takbir di masjid. Dia teringat Ramadan yang telah berlalu, sekaligus suasana perayaan Lebaran 2022 di Indonesia.

Menurut mahasiswa Fire Safety Engineering (Doctor of Fire Safety Engineering) ini, tata laksana sholat ied berjamaah yang dilakukan di KBRI Brussels serupa dengan Indonesia. Namun tetap ada perbedaan yang mengakibatkan Idul Fitri di Belgia tidak sama dengan Indonesia.

"Yang paling jelas terasa adalah tidak ada libur panjang seperti di Indonesia. Rata-rata pekerja, harus mengambil cuti untuk melaksanakan sholat ied. Jika hanya cuti setengah hari, rata-rata langsung kembali ke kantor setelah sholat ied," ujar Jeri.

Menurut Jeri, total peserta sholat ied berjamaah mencapai 400-an orang. Acara dilanjutkan dengan halal bihalal bersama KBRI Brussels. Agenda bertajuk PPI Gent Berlebaran 1443 H ini mengundang pelajar dan diaspora Indonesia yang berada di Belgia.



Idul Fitri tentu tidak lengkap bila tidak menikmati hidangan khas Lebaran ala Indonesia. Opor ayam, sambal krecek, bakso ayam, telur balado, hingga acar sayur dan asinan Bogor bisa dinikmati sehingga WNI di Belgia dapat merasakan vibe Lebaran seperti di Indonesia.

Di Lebaran 2022 ini, Jeri berharap semua ibadahnya diterima Allah SWT. Dia juga berharap, kekompakan dan kehangatan yang dirasakan saat halal bihalal dapat terus terjaga. Harapan lain adalah semoga suasana Lebaran khas Indonesia bisa hadir kembali di tahun mendatang.


Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain