Yuk ikuti Election Pradana Putra dan Putri Brawirawi Vote Now

Gugusdepan Pangkalan SLB Tegar Harapan Sleman Melaksanakan Gladi Darurat Gempa Bumi

 Bencana bisa terjadi kapan saja, apalagi untuk daerah yang memang sudah terdata sebagai daerah rawan bencana, seperti halnya Sleman.

Kawasan Rawan Bencana antara lain adalah kawasan rawan letusan gunung berapi, kawasan rawan gempa bumi, kawasan rawan tanah longsor, kawasan rawan gelombang pasang, dan kawasan rawan banjir.

Penetapan daerah rawan bencana merupakan bagian dari mitigasi bencana. Mitigasi bencana dilakukan untuk mengurangi risiko bencana bagi masyarakat yang berada pada kawasan rawan bencana.


Jumat, 2 Desember 2022 dilaksanakan gladi darurat gempa bumi di gugusdepan pangkalan SLB Tegar Harapan Sleman yang didampingi oleh personil dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sleman, serta pemerintah Kalurahan Sendangdadi, Mlati, Sleman.

Seperti halnya disampaikan oleh Kak Yoga Nugroho Utomo, anggota Pusat Pengabdian Masyarakat dan Pramuka Peduli Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Pusdimas PP Kwarda DIY) bahwa hal ini merupakan salah satu implementasi dari gugusdepan aman bencana

“Gladi darurat ini menjadi salah satu upaya kesiapsiagaan Gugusdepan dalam menghadapi bencana yang merupakan implementasi dari kajian risiko, kapasitas kelembagaan, serta SOP tanggap darurat,” ujarnya.

Gugusdepan Aman Bencana merupakan salah satu pilar Gugusdepan Tangguh, yang merupakan implementasi Program Pramuka Peduli di tingkat Gugusdepan yang diamanatkan oleh Rencana Strategis Gerakan Pramuka Tahun 2019-2024. (cst)


Hai Assalamu'alaikum..... Kenalin Aku Ilman Dari SMA Negeri 1 Lawang Ambalan Brawijaya Gugus Depan 27.157

1 comment

  1. Salam kenal kak Ilman,
© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain