Selamat Datang di Brawirawi
Dapatkan Info Beasiswa Terbaru dan Terupdate
Lihat Yuk!

5 Fakta Kiwi Berries, Buah Kiwi Tanpa Bulu yang Kaya Vitamin C

 5 Fakta Kiwi Berries, Buah Kiwi Tanpa Bulu yang Kaya Vitamin C




Buah kiwi umumnya berbulu halus, namun ada buah bernama kiwi berries yang memiliki bentuk mirip tomat ceri. Buah unik ini mengandung vitamin C yang tinggi.
Buah yang mengandung vitamin C baik dikonsumsi karena menyimpan beragam manfaat untuk tubuh manusia. Salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi adalah kiwi berries.

Kiwi berries merupakan paduan antara buah kiwi dan berries. Bentuknya kecil mirip tomat ceri berwarna hijau, namun bagian dalam daging buahnya benar-benar seperti kiwi pada umumnya.
Uniknya jika kiwi berbulu halus, kiwi berries tak memiliki bulu. Sehingga menyantapnya lebih enak dan praktis.

Berikut 5 fakta kiwi berries yang menarik.

1. Apa Itu Kiwi Berries?


Jika melihat kiwi berries sekilas, pasti akan menyetujui kalau buah satu ini memiliki rupa yang mirip anggur hijau atau tomat hijau. Bentuknya tak seperti buah kiwi pada umumnya yang berukuran sedang dengan bulu halus pada kulitnya.

Buah satu ini berwarna hijau di seluruh permukaannya. Bulu halus juga tak dijumpai di area sekitar kulit buah. Sehingga menyantapnya jadi lebih mudah.

Buah kiwi berries ternyata memiliki nama lain yaitu kiwi hardy, menurut The National Gardening Association. Kiwi berries ini juga cukup tangguh, buah ini bisa bertahan di suhu -4 derajat celcius.

Kiwi berries diketahui tumbuh di China, Selandia Baru, Siberia, dan Amerika Serikat. Buah ini baru dikomersilkan pada akhir tahun 80-an. Di Indonesia, buah kiwi berries dapat ditemukan di supermarket yang menjual buah-buah impor.

2. Cita Rasa Buah Kiwi Berries
Cita rasa dari buah kiwi berries tak jauh berbeda dengan kiwi pada umumnya. Menurut Taste of Home, rasa buah kiwi berries sedikit manis, namun Allrecipes mengidentifikasi kalau rasanya lebih asam dari kiwi biasa.

Daging buah kiwi berries berwarna hijau tua dengan biji hitam yang tersusun seperti pada buah kiwi. Daging buahnya juga juicy, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk smoothie dan salad.

3. Manfaat Kiwi Berries

Kiwi berries juga memiliki manfaat yang tak kalah menyehatkan dari kiwi biasa. Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam Plant Foods Human Nutrition Journal pada tahun 2017 mencatat bahwa kiwi berry memiliki lebih dari 20 nutrisi penting dan sarat dengan vitamin.
Buah kiwi berries ini jua mengandung zat antioksidan tinggi yan berperan sebagai anti-inflamasi dan antikanker. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa buah kiwi berries membantu menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, kiwi berries juga mengandung vitamin C tinggi. Menurut Mayo Clinic, vitamin C adalah antioksidan yang dapat mencegah penyakit seperti diabetes tipe-1 dan penyakit jantung tertentu. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menyerap zat besi dalam tubuh yang sangat bermanfaat bagi penderita anemia.

4. Cara Menikmati
Kiwi berries sebenarnya bisa dikonsumsi langsung. Namun, bisa juga dikreasikan dengan berbagai cara. Kiwi berries bisa dicampurkan ke dalam saus salsa dengan memadukannya bersama tomat ceri.

Buah kiwi berries juga bisa ditambahkan pada resep salad. Bisa juga diolah menjadi es loli dan smoothies. Kalau ingin yang lebih unik, bisa dijadikan topping pizza.

5. Cara Menyimpan
Kalau kiwi berries ingin langsung dinikmati selama 25 jam ke depan atau lebih, kamu bisa menyimpannya dalam suhu kamar. Setelah itu, kiwi berries harus dipindahkan ke kulkas dan dapat bertahan selama 2 minggu.

Menurut The Daring Kitchen, disarankan untuk memasukkan kiwi berries ke dalam paper bag (kantong kertas). Hal ini dilakukan untuk agar buah tetap bebas dari kelembaban di kulkas.

Kamu juga dapat membekukan buah kiwi agar lebih tahan lama. Sesuai FoodsGuy, buah kiwi berries beku akan bertahan hingga 12 bulan (1 tahun).


Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain