Selamat Datang di Webste Official Brawijaya-Rajendradewi
Pangkalan SMA Negeri 1 Lawang - 27.157 - 27.158

12 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

 12 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran


Pementah telah membolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman saat libur Lebaran tiba. Biasanya, orang yang mudik bakal meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian atau perampokan.

Lalu, apa saja tips yang bisa dilakukan pemilik rumah agar terbebas dari kekhawatiran saat meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran? 
1. Nyalakan lampu teras
 salah satu tanda rumah kosong adalah lampu teras yang menyala di siang hari atau mati pada malam hari. Untuk menyiasati hal ini, pemilik rumah bisa mengatur lampu dengan timer. Jika tidak memiliki timer, sebaiknya Anda minta tolong kepada tetangga atau saudara terdekat untuk menyalakan dan mematikan lampu teras Anda. 

2. Berhenti langganan koran 
sementara Saat akan meninggalkan rumah, ada baiknya berhentu berlangganan koran untuk sementara waktu sampai Anda kembali ke rumah. Sebab, jika tidak dihentikan sementara, loper koran akan terus mengirimi koran ke rumah. Koran yang menumpuk ini jadi tanda bagi pencuri bahwa rumah ini kosong. Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Potensi Ledakan Kasus, dan Antisipasi Long Covid-19 

3. Jangan tinggalkan barang berharga
Barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah dan lain-lainnya sebaiknya tidak ditinggalkan di rumah. Anda bisa menitipkannya di deposit box di bank atau di kantor kepolisian.
Jika mudik menggunakan kendaraan umum, maka bawa juga kunci kendaraan bermotor Anda beserta surat-suratnya.

4. Matikan semua peralatan elektronik Ketika hendak pergi, cabut semua kabel yang terhubung dengan listrik. Selain itu pastikan kompor dan peralatan memasak dalam keadaan mati. Melepaskan colokan kabel dari lubang setrum listrik akan mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Pastikan juga selang gas sudah dicabut, karena bisa berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran jika terjadi kebocoran gas.

5. Lapor RT atau RW setempat 
Jangan lupa untuk melapor kepada petugas keamanan, pemangku kompleks dan tetangga, bahwa Anda akan pergi selama liburan. Tinggalkan juga nomor ponsel yang aktif, sehingga mereka bisa menghubungi Anda jika ada hal penting.

6. Kunci pintu dan jendela rumah 
 sebelum meninggalkan rumah, pastikan pintu, dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat. Ada baiknya menambah gembok untuk membuatnya lebih aman.


Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain