Yuk ikuti Election Pradana Putra dan Putri Brawirawi Vote Now
Posts

Saka Bakti Husada Kwaran Lawang

Organisasi Saka Bakti Husada adalah wadah yang unik di Indonesia, yang tidak hanya mengajarkan pemuda tentang kesehatan dan pelayanan medis, tetapi juga membentuk karakter dan kepemimpinan mereka. Berdiri di bawah Gerakan Pramuka, Saka Bakti Husada memiliki misi luhur untuk memberdayakan pemuda dalam bidang kesehatan dan pelayanan masyarakat.

Pada tanggal 20 November 2023, upaya yang telah di inisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dengan memberikan workshop Peningkatan Kapasitas Kader Saka Bakti Husada yang tersebar di 39 UPT PUSKESMAS SE-KABUPATEN MALANG. 



"Anak pramuka yang biasanya berkegiatan diluar ruangan dengan teriknya matahari untuk hari ini berubah dengan dikumpulkannya di Hotel Aria Gajayana" terang Kak Hanik selaku pemateri. 


Hal yang membedakan yakni para Kader Saka Bakti Husada diberikan peningkatan ketrampilan kepramukaan dalam bidang kesehatan. SBH Memiliki misi: Berperan aktif melalui gerakan kepramukaan dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan generasi muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka serta lingkungan masyarakat. 

Setidaknya ada 8 Kecamatan dengan Kader SBH Ter-aktif. Saka Bakti Husada Lawang salah satunya karena telah aktif mengabdi pada posyandu desa dengan kolaborasi bersama Mahasiswa Universitas Brawirawi: dengan mendata, menimbang bayi, bersosialisasi kepada ibu rumah tangga tentang pentingnya menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, Tak hanya itu kami juga menjadi bagian Tim Screening Kesehatan pada saat MPLS SMA Negeri 1 Lawang 2023 bahkan Saka Bakti Husada Lawang turut berpartisipasi menjadi tim kesehatan pada Upacara 17 Agustus di Lapangan Kalisurak.

Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemerataan kapasitas yang harus dimiliki setiap kader. Tak hanya materi saja namun kami juga diajak bermain sambil memahami hal - hal yang wajib kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat terutama bidang kesehatan. 

Saka Bakti Husada bukan hanya organisasi pemuda biasa; ia adalah wadah yang merangkul kesehatan, kepemimpinan, dan pelayanan masyarakat. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai gotong-royong dan semangat pengabdian, Saka Bakti Husada membimbing pemuda Indonesia untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam bidang kesehatan dan di luar itu.

Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain