Selamat Datang di Webste Official Brawijaya-Rajendradewi
Pangkalan SMA Negeri 1 Lawang - 27.157 - 27.158

10 Jurusan yang Banyak Dipilih di Kampus Swasta, Mulai Tel-U sampai Trisakti

 10 Jurusan yang Banyak Dipilih di Kampus Swasta, Mulai Tel-U sampai Trisakti






Indonesia juga memiliki sejumlah kampus swasta berkualitas yang bisa dipilih calon mahasiswa, Telkom University misalnya. Perguruan tinggi ini menempati peringkat pertama versi Webometrics 2022 di Indonesia. Kemudian, tepat di bawahnya ada Binus University.

Bagi yang akan masuk perguruan tinggi di tahun ini, informasi mengenai jurusan favorit berbagai perguruan tinggi swasta (PTS) bisa kalian lirik. Apa saja ya?

Jurusan yang Banyak Diminati di Universitas Swasta

1. Data Science, Binus University
Kalian yang tertarik dengan pemanfaatan big data untuk bisnis, bisa memilih program studi (prodi) ini. Perkuliahannya mempelajari tentang pengolahan big data dengan teknik analisis dan simulasi menggunakan ilmu statistika.

Selain itu, terdapat materi mengenai jenis-jenis data yang dihasilkan melalui proses bisnis dan operasional perusahaan. Data-data tersebut lalu dianalisis dengan teknik penambangan data guna mengetahui kinerja suatu bisnis dan identifikasi peluang baru.

Beberapa prospek kerja lulusan Data Science adalah sebagai data scientist, business analyst, data engineer, data analyst, dan lainnya.

2. Teknik Telekomunikasi, Telkom University
Teknik Telekomunikasi Tel-U mempelajari tentang rekayasa dalam bidang telekomunikasi, seperti rekayasa teknologi, protokol, layanan, desain, serta teknik pengiriman informasi broadband.

Tak hanya itu, mahasiswa kampus swasta ini juga akan memperoleh materi entrepreneurship, kerja sama antardisiplin ilmu, juga kemandirian.

3. Kedokteran, Universitas Trisakti
Prodi Kedokteran Trisakti mendalami ilmu kedokteran dalam satuan modul yang merupakan gabungan ilmu biomedik, klinik dasar, klinik, kedokteran komunitas, dan lain sebagainya. Pembelajarannya akan dilakukan secara interaktif, juga dengan diskusi kelompok tutorial, pleno, pelatihan keterampilan, dan praktikum. Tentunya, mahasiswa Kedokteran di sini pun akan mengkaji kasus-kasus klinis untuk menentukan masalah serta mempelajarinya.

4. Akuntansi, Perbanas Institute
Prodi Akuntansi Perbanas mempunyai beberapa konsentrasi, antara lain auditing, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, sistem akuntansi, akuntansi perbankan keuangan, pajak, sistem akuntansi, akuntansi perbankan syariah, dan akuntansi perbankan konvensional.

Beberapa prospek kariernya adalah akuntan publik, auditor, auditor internal, akuntan manajemen, akuntan ahli pajak, akuntan ahli sistem informasi, akuntan bank konvensional, akuntan bank syariah, serta lain sebagainya.

5. Desain Komunikasi Visual, Telkom University
Lulusan DKV Tel-U nantinya bisa menghasilkan karya dengan pengetahuannya akan teknologi informasi dan kearifan budaya Nusantara, maupun mengembangkan diri menjadi creativepreneur. Mengapa demikian?

Jurusan DKV Telkom mempelajari ilmu desain komunikasi visual dengan dasar keilmuan teknologi, manajemen, ataupun ilmu pendukung lainnya juga. Di sana juga ada konsentrasi technopreneurship dan multimedia marketing.

Konsentrasi technopreneurship mengajarkan mahasiswa tentang bagaimana menghasilkan produk visual berbasis teknologi dan menciptakan bisnis. Sementara, konsentrasi multimedia marketing menggeluti perencanaan dan riset pemasaran produk visual.

6. Teknik Industri, Telkom University
Jurusan Teknik Industri Tel-U adalah salah satu yang pertama berdiri saat kampus ini masih bernama Sekolah Tinggi Teknik (STT) Telkom. Prodi tersebut mempunyai banyak peminatan, yaitu engineering maintenance, entrepreneurship, marketing, business analysis, enterprise support system, human capital, ergonomis, quality system engineering, project management, supply chain management, dan production system.

7. Manajemen, Binus University
Jurusan Manajemen Binus University melatih mahasiswa untuk mengembangkan dan mengatur bisnis, menerapkan teknologi informasi dalam bisnis, mengembangkan perusahaan sekaligus sumber dayanya, serta menjalani bisnis ekonomi digital.

8. Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan
Prodi HI Unpar terdiri dari bidang Ilmu Politik dan Keamanan, Politik, Ekonomi Politik Internasional, juga Rezim dan Organisasi Internasional. Mahasiswa di sana akan mempelajari aspek ekonomi, politik, dagang, hukum, bisnis, sumber daya manusia, dan banyak lagi.

9. Psikologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Apabila mengambil jurusan ini, kalian akan menggali tentang manusia, berdasarkan ilmu psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi trauma dan bencana, psikologi abnormal, psikologi faal, psikologi industri dan organisasi, psikometri, psikodiagnostika, kepribadian, psikometri, dan banyak lainnya.

Selain itu, ada sejumlah fokus yang bisa diambil oleh calon mahasiswa, misalnya psikologi klinis, perkembangan, dan lainnya.

10. Ilmu Komunikasi-Komunikasi Massa, Binus University
Terdapat dua konsentrasi dalam jurusan ini, yaitu Creative Broadcasting dan Journalism Broadcasting. Keduanya sama-sama menawarkan perkuliahan tentang proses produksi program penyiaran mulai dari pra produksi dan post-produksi.

Apabila mengambil konsentrasi Journalism Broadcasting, maka yang kalian pelajari adalah terkait berita. Sementara, jika mengambil Creative Broadcasting, kalian akan fokus pada pembuatan program kreatif seperti program game show, musik, dan lainnya.

Itulah beberapa jurusan yang banyak diminati di sejumlah kampus swasta di Indonesia. kalian tertarik pilih yang mana?


Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain