Selamat Datang di Webste Official Brawijaya-Rajendradewi
Pangkalan SMA Negeri 1 Lawang - 27.157 - 27.158

Apa saja keutamaan Malam Nuzulul Qur'an?

 Keutamaan Malam Nuzulul Quran Beserta Amalan yang Dianjurkan

                 

Nuzulul Quranmerupakan salah satu malam yang istimewa saat bulan Ramadhan selain Lailatul Qadar. Malam Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, adalah peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat Islam karena merupakan turunnya wahyu Allah berupa Alquran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW. Di mana surat pertama yang turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Nuzulul Quran merupakan salah satu malam yang istimewa saat bulan Ramadhan selain Lailatul Qadar. Malam Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, adalah peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat Islam karena merupakan turunnya wahyu Allah berupa Alquran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW. Di mana surat pertama yang turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5
Masyarakat umumnya memperingati malam Nuzulul Quran dengan melakukan amalan-amalan sholeh seperti yasinan, tahlilan, dan dzikir. Ini dilakukan sebagai bentuk perayaan akan diturunkannya Alquran, kitab suci yang menjadi pedoman bagi umat manusia.
Mengutip Menelusuri Riwayat Muhammad Hingga di Isra' Mirajkan oleh Yang Dhoif, jtihad ulama sepakat bahwa ayat Alquran yang pertama kali diturunkan adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5. Ayat ini diturunkan dari baitul izzah kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril di Gua Hira.
Sebagai malam yang istimewa, malam Nuzulul Quran memiliki keutamaan yang besar di sisi Allah SWT. Apa saja?

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Ketetapan waktu malam Nuzulul Quran yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan bukanlah tanpa dasar. Ini dilandasi dalil Alquran Surat Al-Ahzab ayat 41 yang berbunyi:
وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
"Dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."
Mengutip NU Online, yang dimaksud hari furqon pada ayat ini adalah hari pertemuan dua pasukan antara kaum Muslimin dan kafir quraisy dalam perang Badar yang berlangsung pada 17 Ramadhan. Ada beberapa keutamaan yang terkandung di malam ini, di antaranya:

1. Malam Istimewa Diturunkannya Alquran

Malam Nuzulul Quran adalah malam yang istimewa bagi umat Islam. Karena di malam ini Alquran diturunkan oleh Allah SWT ke muka bumi.
Kitab pedoman serta petunjuk yang dapat mengarahkan kehidupan umat manusia telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui beliau, umat Islam dituntun untuk senantiasa berada pada jalan lurus yang diridhoi oleh-Nya.
Untuk itu, hendaknya setiap Muslim memaknainya dengan istiqomah membaca Alquran setiap hari, khususnya di bulan Ramadhan. Tekadkan dalam hati untuk khatam Alquran minimal sekali selama Ramadhan.

2.Malam yang Penuh Berkah
Malam diturunkannya Alquran merupakan salah satu malam yang diberahi oleh Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3 berikut:
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi”.

3. Banyak Malaikat yang Turun
Sama halnya dengan malam lailatul qadar, para malaikat termasuk malaikat Jibril turun ke bumi pada malam Nuzulul Quran. Hal ini disebutkan dalam Surat Al-Qadr ayat 4 berikut:
“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”.
Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa banyaknya malaikat yang turun pada malam tersebut, menandakan banyaknya berkah yang turun.

Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain