Selamat Datang di Brawirawi
Dapatkan Info Beasiswa Terbaru dan Terupdate
Lihat Yuk!

TS Terbaik di Indonesia Versi THE 2022, Bisa Tebak Nomor Satunya?

 TS Terbaik di Indonesia Versi THE 2022, Bisa Tebak Nomor Satunya?





Times Higher Education (THE) merilis pemeringkatan universitas terbaik di Asia dalam skema Asia University Rankings 2022. Di antara 14 kampus asal Indonesia, ada 2 perguruan tinggi swasta (PTS) yang masuk dalam pemeringkatan skala internasional ini, lho.

Pemeringkatan tersebut diambil berdasarkan 5 kategori penilaian yang terdiri dari pengajaran (25%), penelitian (30%), sitasi (30%), aspek internasional (7,5%), dan capaian di dunia industri (7,5%). Berdasarkan indikator pemeringkatan tersebut, Telkom University dan BINUS University menjadi kampus swasta yang masuk dalam pemeringkatan THE Asia University Rankings 2022.

Selain itu, ada sejumlah perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk dalam kategori perguruan tinggi reporter. Perguruan tinggi reporter adalah perguruan tinggi yang menyediakan data namun belum mencapai eligibility criteria untuk masuk peringkat yakni, Universitas Bakrie dan Universitas Kristen Satya Wacana.

2 PTS Terbaik di Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2022
1. Telkom University
Peringkat dunia: 401-500
Skor: 20,9-24,8
Skor pengajaran (teaching): 16,5
Skor penelitian (research): 12,0
Skor aspek internasional (international outlook): 15,9
Skor capaian di dunia industri (industry income): 35,3
Skor sitasi (citations): 31,0

Telkom University adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Buah Batu, Bandung, Jawa Barat. Kampus yang sudah berdiri sejak 1990 dengan nama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) ini menawarkan 7 fakultas bagi mahasiswanya.

Mulai dari teknik elektro, rekayasa industri, informatika, ekonomi dan bisnis, komunikasi dan bisnis, industri kreatif, dan ilmu terapan. Berbagai fasilitas juga ditawarkan pada mahasiswa Telkom University.

Seperti, ruang diskusi, auditorium, transportasi kampus, ruang terbuka alami, fasilitas keagamaan, dan perpustakaan. Ada juga berbagai fasilitas olahraga yang terdiri dari kolam renang, lapangan basket, lapangan tenis, pusat kebugaran dan lain-lain.

2. BINUS University
Peringkat dunia: 501+
Skor: 13,4-20,8
Skor pengajaran (teaching): 21,1
Skor penelitian (research): 15,5
Skor aspek internasional (international outlook): 25,3
Skor capaian di dunia industri (industry income): 38,6
Skor sitasi (citations): 13,3

BINUS University atau Bina Nusantara University berdiri secara resmi sejak 1996 namun sejarahnya dimulai pada 1974 yang dikembangkan dari berdirinya lembaga pelatihan komputer, Komputer Modern. Hingga saat ini, BINUS tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia seperti, Alam Sutera, Bandung, Bekasi, Kemanggisan, Semarang, dan Malang.

Adapun fakultas yang ditawarkan oleh BINUS University di antaranya yakni BINUS Business School, Faculty of Economics and Communication, Faculty of Engineering, Faculty of Humanities, School of Computer Science, School of Design, dan School of Information Systems.

Mengutip laman lembaga pemeringkatan THE, perguruan tinggi di China menyabet dua peringkat teratas universitas terbaik dalam THE Asia University Rankings 2022. Peringkat tersebut diraih oleh Tsinghua University dan Peking University selama tiga tahun berturut-turut.

Kemudian, disusul oleh National University of Singapore (NUS), University of Hongkong, Nanyang Technological University (NTU), The University of Tokyo, dan Chinese University of Hongkong yang juga menempati posisi sama sejak pemeringkatan tahun 2021. Penilaiannya secara rinci didasarkan pada indikator berikut:

Indikator Pemeringkatan THE Asia University Rankings 2022
1. Pengajaran
Mengukur lingkungan pembelajaran di tiap kampus melalui survei tentang kualitas institusi dalam memberikan pengajaran, rasio tenaga pendidik dan mahasiswa, rasio mahasiswa doktor dan sarjana, rasio gelar doktor untuk tenaga pendidik, dan pendapatan institusional.

2. Penelitian
Kelompok penilaian penelitian perguruan tinggi dinilai berdasarkan survei yang diambil dari kampus lain sebesar, pendapatan dari penelitian, dan produktivitas penelitian. Untuk mengukur produktivitas, dihitung dari jumlah paper yang diterbitkan dalam jurnal akademik yang diindeks oleh basis data Scopus Elsevier per jenjang.

3. Sitasi
Indikator ini menunjukkan peran universitas dalam menyebarkan pengetahuan dan ide-ide baru. Penyitasian dalam penelitian menunjukkan kontribusi universitas dalam menghasilkan paper atau jurnal yang berkualitas.


Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain