Selamat Datang di Brawirawi
Dapatkan Info Beasiswa Terbaru dan Terupdate
Lihat Yuk!

Sering Makan Ikan Salmon Bisa Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 Sering Makan Ikan Salmon Bisa Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Ikan salmon terkenal gurih enak rasanya. Selain itu juga kaya nutrisi yang disebut mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit.
Salmon mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak yang seluruhnya membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Salmon juga punya rasa enak serta bisa diolah dengan berbagai cara dan aneka kreasi bumbu.

Dilansir dari Eat This (8/5) ikan salmon telah lama diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Di samping menjadi salah satu sumber protein yang berkualitas tinggi, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 sangat berguna bagi kesehatan jantung, otak, dan organ tubuh lainnya.

Ikan salmon bisa dikonsumsi anak-anak ataupun orang dewasa dan nutrisinya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan sistem imun serta baik untuk perkembangan otak anak. Jika dikonsumsi rutin ikan salmon juga mampu menggempur lemak yang menumpuk di perut.

Berikut beberapa manfaat sehat jika rutin konsumsi ikan salmon:

1. Memenuhi kebutuhan vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, salmon dapat diandalkan sebagai makanan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Dalam sepotong ikan salmon atau sekitar 198 gram mengandung 815 IU vitamin D. Kandungan vitamin D ini semakin tinggi pada salmon yang ditangkap liar.

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan rata-rata orang dewasa harus mengonsumsi antara 600-800 IU vitamin D setiap hari. Namun, beberapa penelitian menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 IU vitamin D setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Kelebihan konsumsi vitamin D sama sekali tidak masalah. Setiap orang dewasa bisa mengonsumsi hingga 4.000 IU vitamin D setiap hari.



2. Mengandung vitamin B6
Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kamu juga harus memastikan untuk mengonsumsi vitamin B6 yang cukup. Ikan salmon mengandung vitamin B6 yang tinggi. Kamu bisa mengolahnya dengan cara mengukus, tumis ataupun memanggang ikan salmon.

Vitamin B6 bermanfaat untuk mengoptimasi fungsi dan perkembangan saraf otak. Vitamin B6 juga berperan dalam produksi hormon serotonin, melatonin dan norepinefrin. Vitamin ini juga diperlukan ibu hamil untuk perkembangan otak janin.

3. Mengandung asam lemak omega-3
Salmon kaya akan zat docosahexaenoic (DHA), yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Nutrisi ini dapat mengurangi trigliserida dalam darah dan bahkan mengontrol kolesterol jahat yang berbahaya.

Kandungan nutrisi dalam salmon ini mampu menjaga kesehatan jantung. Dijelaskan Sydney Greene, MS, RD, "Omega-3 membentuk struktur sel dalam tubuh. Secara alami, tubuh juga membutuhkan untuk produksi hormon, fungsi kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru."

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Salmon mengandung magnesium, mineral yang berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebagai referensi, seorang pria dewasa membutuhkan antara 400-420 miligram magnesium setiap hari sedangkan wanita membutuhkan 310-320 miligram mineral setiap hari.

Dalam sepotong salmon dengan berat 85 gram ikan salmon Atlantik mengandung 26 miligram magnesium. Kamu bisa memilih jenis makanan lain yang juga mengandung magnesium seperti alpukat, beras merah ataupun daging.


5. Menjaga kesehatan kulit
Salmon juga membantu menjaga kesehatan kulit lewat kandungan asam lemak omega-3. Dalam Journal of Cutaneous Medicine and Surgery, para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit yang mengalami inflamasi.

Salmon juga mampu mengobati dan mencegah jerawat serta menurunkan risiko kanker kulit. Sebaiknya salmon tidak dimasak dengan minyak berlebih agar manfaatnya masih bisa diserap tubuh dengan maksimal.

Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain