Selamat Datang di Webste Official Brawijaya-Rajendradewi
Pangkalan SMA Negeri 1 Lawang - 27.157 - 27.158

Ini Daftar Prospek Karier Jurusan Teknik Kimia, Bisa Kerja di Pertambangan

 Ini Daftar Prospek Karier Jurusan Teknik Kimia, Bisa Kerja di Pertambangan




Jurusan teknik kimia menjadi salah satu jurusan di bidang sains dan teknologi yang patut dipertimbangkan calon mahasiswa. Alasannya karena jurusan ini memiliki prospek karier yang luas.

Dalam perkuliahan, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari sekaligus mengembangkan penelitian terkait molekul, sintesis dan reaksi kimia, yang dirancang untuk keperluan bahan industri.
Nantinya, lulusan teknik kimia akan memiliki kemampuan teori, metode dan praktik dalam memahami ilmu matematika, kimia, fisika, serta berpikir analitis sekaligus kritis.

Nah, bagi kamu yang tertarik kuliah di jurusan teknik kimia berikut ini prospek kariernya dikutip dari CNN Indonesia.

Daftar Prospek Karier Jurusan Teknik Kimia:
1. Food scientist
Lulusan teknik kimia memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam proses pengolahan makanan atau minuman di industri pangan.

Dengan kemampuannya, lulusan teknik kimia akan bertindak sebagai tim analisis untuk menentukan sekaligus meneliti kandungan nutrisi dari bahan makanan sebelum diproduksi.

2. Ahli kimia
Lulusan teknik kimia sudah pasti bisa memiliki karier sebagai seorang ahli kimia (chemist). Terlebih mereka mampu melakukan analisis atau eksperimen kimia secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan pengembangan suatu bahan baku.

Biasanya, posisi tersebut dibutuhkan di industri farmasi dan laboratorium milik pemerintah dan swasta.

3. Pertambangan dan perminyakan
Siapa bilang lulusan teknik kimia hanya di industri kesehatan atau pangan saja? Faktanya industri pertambangan dan perminyakan selalu membuka kesempatan bagi lulusan teknik kimia.

Nantinya, mereka bisa ditempatkan di darat atau laut sesuai kebutuhan perusahaan.

Pekerjaan di ranah pertambangan atau perminyakan dinilai menjanjikan karena berpeluang membangun masa depan cerah.

4. Ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan
Selanjutnya, lulusan teknik kimia juga bisa berkarier menjadi ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan, dikutip dari Prospect.

Tugas utamanya bertanggung jawab dalam merancang teknologi yang nantinya diimplementasikan untuk mencegah serta memulihkan kerusakan lingkungan.

5. Teknisi laboratorium
Lulusan teknik kimia memang tidak jauh dari laboratorium. Hal ini karena kemampuan andal seorang teknisi kimia sangat dibutuhkan untuk memelihara semua peralatan, perlengkapan, sekaligus memastikan segala bentuk riset di laboratorium berjalan akurat dan efisien.

6. Tenaga pengajar
Sama halnya dengan bidang lain, lulusan teknik kimia juga bisa meniti karier di ranah pendidikan menjadi tenaga pengajar.

Misalnya bekerja sebagai dosen praktisi di perguruan tinggi, atau guru kimia di tingkat sekolah menengah atas.

Nah, itulah daftar prospek karier lulusan teknik kimia. 

Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain