Selamat Datang di Webste Official Brawijaya-Rajendradewi
Pangkalan SMA Negeri 1 Lawang - 27.157 - 27.158

Benarkah Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

 Benarkah Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya






Minum air putih dengan cukup ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan. Termasuk salah satunya membantu menurunkan berat badan.
Banyak trik diet yang menjanjikan penurunan berat badan. Mengatur pola makan, membatasi asupan kalori dan menjalani olahraga menjadi beberapa cara yang bisa dijalankan untuk mencapai berat badan ideal.

Terkadang tidak butuh diet ekstrem untuk menurunkan berat badan. Kamu hanya perlu memastikan tubuh mendapat cairan sesuai kebutuhan. Manfaat minum air putih sangat banyak, seperti mengatur suhu tubuh, menjaga kadar darah, hingga mendistribusikan nutrisi dari dan menuju sel, air adalah salah satu zat terpenting bagi manusia.
Dilansir dari Live Science (6/5) konsumsi air putih membantu membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika tubuh mendapat cairan dalam jumlah tepat.

Lebih dari 73% persen orang dewasa di Amerika Serikat mengalami kelebihan berat badan, dan lebih dari 42% hidup dengan obesitas menurut Laporan CDC pada 2018. Hal ini tentu saja bukan kabar baik mengingat obesitas dan peningkatan BMI secara umum dikaitkan dengan serangkaian masalah kesehatan.

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, satu-satunya faktor terpenting adalah keseimbangan. Perhatikan seberapa banyak kalori yang dikonsumsi dan berapa banyak juga kalori yang dikeluarkan. Oleh karenanya membatasi makan saja tidak akan cukup, harus diimbangi juga dengan olahraga.

Kamu bisa mengandalkan air putih untuk membantu program diet kamu, air merupakan minuman bebas kalori. Dibandingkan minum jus, minuman kemasan ataupun minuman manis lainnya, lebih baik kamu mengonsumsi air putih yang jelas non kalori.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum air putih meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, sebagaimana diuraikan dalam ulasan dari Proceedings of the Nutrition Society.




Hal ini didukung dengan penelitian pada 2014 yang dilakukan terhadap 50 wanita kelebihan berat badan. Mereka minum 500 ml air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam selama 8 minggu berturut-turut.

Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh, serta berkurang nafsu makannya. Minum air putih secara rutin dan cukup juga terbukti membantu menurunkan berat badan antara 0,4 kg hingga 8,8 kg.

Dengan konsumsi air putih juga membantu tubuh mengeluarkan limbah serta racun dalam tubuh melalui urin dan feses. Air membantu ginjal menyaring limbah dan racun. Air putih juga membuat melunakkan kotoran dan melancarkan pencernaan serta metabolisme. Hal ini sangat berkaitan erat dengan proses penurunan berat badan.


Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain