Selamat Datang di Brawirawi
Dapatkan Info Beasiswa Terbaru dan Terupdate
Lihat Yuk!

5 Olahan Pasta Sehat yang Praktis dan Tak Bikin Gemuk

 5 Olahan Pasta Sehat yang Praktis dan Tak Bikin Gemuk


Pasta sering dijadikan pilihan makanan yang praktis karena mudah dibuat dan rasanya enak. Pasta juga bisa diolah jadi makanan enak dan menyehatkan.

Jika kamu sedang menjalani program diet, pasta bisa jadi pilihan makanan sumber karbohidrat. Ada ratusan jenis dan bentuk pasta yang bisa diolah dengan saus dan isian sesuai selera. Kamu juga bisa menjadikan pasta sebagai makanan yang sehat.

Dilansir dari Eat This (4/5) pasta termasuk makanan yang tak membuat gemuk asalkan dikonsumsi sesuai porsi dan dibuat dengan kombinasi bahan makanan lainnya yang sehat. Pasta mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Berikut racikan pasta yang enak dan tak bikin gemuk:

1. Pasta sayuran
Ada banyak pilihan pasta vegetarian yang dijual di pasaran. Kamu bisa memilih pasta ini lalu memasaknya dengan berbagai sayuran favorit. Tambahkan buncis, wortel atau pokchoy saat memasak pasta.

Serat, vitamin dan mineral dalam sayuran bisa membuat pasta kamu jadi jauh lebih sehat. Pilihan sausnya pun bisa disesuaikan dengan selera. Kamu bisa membuat mac and cheese dengan irisan buncis. Atau spaghetti bolognese dengan wortel cincang di dalamnya.




2. Pasta tinggi protein
Siapa yang bisa menolak pasta aglio Olio dengan topping ikan dori di atasnya atau pasta bolognese dengan isian daging cincang berlimpah? Dua varian pasta ini mengandung protein tinggi sehingga bisa dijadikan santapan sehat.

Pasta mengandung karbohidrat, dan topping aneka daging ini mengandung protein yang tinggi sehingga menjadikan pasta pilihan makanan sehat. Protein membantu mengatur gula darah dalam tubuh dan berkontribusi membuat perut merasa kenyang.

3. Pasta gandum utuh
Pasta gandum utuh tentu saja merupakan pilihan paling pas jika kamu ingin mengolah pasta yang sehat dan bernutrisi. Dalam setiap porsi pasta gandum utuh mengandung 5 gram serat yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Pasta gandum utuh juga lebih rendah gluten jadi bagi orang yang sensitif terhadap makanan gluten bisa memilih pasta ini. Untuk rasa dan teksturnya pun mirip pasta biasa. Pasta gandum utuh pun mampu membuat perut lebih kenyang jadi makan sedikit saja cukup mengganjal perut.

4. Pasta klasik
Dalam seporsi pasta klasik mengandung 2 gram serat dan 7 gram protein. Kamu bisa menambahkan berbagai nutrisi lainnya lewat bahan makanan yang dijadikan campuran.

Pasta bisa diolah dengan berbagai saus tapi jika tak ingin mengasup terlalu banyak kalori maka solusinya adalah makan pasta klasik. Kamu hanya perlu menumis pasta dengan minyak zaitun lalu bumbui dengan sedikit garam dan lada. Sajikan dengan dada ayam panggang atau salmon panggang yang lezat.




5. Pasta tanpa gluten
Sebagian besar pasta sebenarnya mengandung sedikit gluten namun ada juga orang yang membutuhkan makanan tanpa gluten sama sekali. Kamu bisa memilih pasta non gluten yang kini sudah banyak beredar di pasaran.

Selain tanpa gluten, pasta sehat ini juga dilengkapi dengan campuran biji-bijian. Racikan sehat ini membuat pasta lebih tinggi serat dan bisa jadi santapan jika kamu sedang menjalani diet. Namun harus tetap memperhatikan porsi yang disantap. Jangan berlebihan makan pasta karena makanan ini juga bisa memicu sembelit jika dimakan terlalu banyak.

Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain