Selamat Datang di Brawirawi
Dapatkan Info Beasiswa Terbaru dan Terupdate
Lihat Yuk!

Rekomendasi Universitas di Bandung yang Berasrama

 Rekomendasi Universitas di Bandung yang Berasrama


Bandung adalah salah satu kota yang terkenal dengan pendidikan tingginya. Didukung kondisi lingkungan yang sejuk dan asri memungkinkan para mahasiswa untuk menjalankan kegiatan perkuliahannya dengan nyaman.
Kondisi lalu lintas yang tidak terlalu macet semakin menambah minat para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Bandung. Setelah memutuskan akan meneruskan kuliah di Bandung, faktor lainnya yang harus dipertimbangkan dalam memilih kampus yaitu fasilitas, pembiayaan, dan lokasi kampus. Terlebih bagi teman-teman yang berlokasi jauh dari Bandung tentu fasilitas asrama yang dimiliki oleh kampus menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan.

Jika berminat untuk tinggal di asrama selama kuliah, kamu bisa mempertimbangkan beberapa universitas di Bandung ini yang memiliki asrama kampus yang menarik.


Baru didirikan pada April 2019 lalu, Universitas Ma'soem adalah salah satu universitas swasta di Bandung yang memiliki fasilitas kampus yang sangat mumpuni. Kampus modern dilengkapi dengan sistem pendidikan digital menjadi daya tarik lebih bagi Universitas Ma'soem. Belum lagi dukungan sarana olahraga yang megah dan lengkap semakin menetapkan Universitas Ma'soem menjadi kampus swasta favorit.

Selain itu ada fasilitas asrama yang modern, pilihan asrama putra dan putri serta didukung dengan sistem asrama yang islami juga menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa calon mahasiswa. Jadi bagi para calon mahasiswa yang tidak hanya ingin mencari tempat tinggal terjangkau, nyaman, dan fasilitas yang lengkap selama berkuliah tapi juga mendapatkan pengetahuan keagamaan, sepertinya Universitas Ma'soem adalah pilihan yang sangat tepat.

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu universitas negeri di Bandung yang menyediakan fasilitas asrama bagi para mahasiswanya, khususnya untuk para mahasiswa baru yang berasal dari daerah di luar Bandung. Setiap kamar yang ada diisi oleh sekitar 2-3 orang mahasiswa, dukungan fasilitas cukup memadai dan biaya pun relatif terjangkau.

Selain itu, teman-teman yang tinggal di asrama akan mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak asrama seperti pengembangan soft skill, outbound, seminar, dan berbagai kegiatan lainnya.

Telkom University

Satu lagi universitas swasta di Bandung yang menyediakan fasilitas asrama untuk para mahasiswanya yaitu Telkom University. Fasilitas asrama di kampus ini wajib untuk diambil oleh para mahasiswa barunya, setidaknya untuk tahun pertamanya saja.

Ada pilihan asrama untuk putra dan putri yang setiap kamarnya akan ditinggali oleh beberapa mahasiswa dari berbagai fakultas berbeda. Fasilitas pendukung asrama seperti fasilitas olah raga, parkiran, musala, klinik, dan lainnya cukup lengkap serta terjangkau. Pengembangan soft skill dan workshop juga sering diselenggarakan.

Universitas Padjadjaran

Universitas selanjutnya yang memiliki fasilitas asrama adalah Universitas Padjadjaran. Pembiayaannya sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 125.000 dan fasilitas asrama yang mendukung. Namun memang fasilitas ini masih terbatas untuk para calon mahasiswa yang masuk melalui jalur Kartu Indonesia Pintar - Kuliah (KIP - Kuliah) atau bagi para mahasiswa Kedokteran dan Farmasi.

Sama seperti beberapa kampus lainnya, program asrama kampus yang akrab disebut UNPAD ini diwajibkan untuk mahasiswa baru selama tahun pertama perkuliahan. Setelahnya mereka diperbolehkan untuk memilih untuk melanjutkan tetap di asrama atau tidak.

Universitas Islam Negeri Bandung (UIN)
Selanjutnya universitas yang juga memiliki fasilitas asrama yaitu UIN Bandung yang disebut dengan Ma'had Al-Jamiah. Di UIN Bandung, Ma'had Al-Jamiah merupakan pesantren mahasiswa yang memiliki program tersendiri. Selain sebagai asrama atau pondok, Ma'had Al-Jami'ah adalah tempat bagi mahasantri untuk mengembangkan berbagai ilmu keagamaan (Agama Islam) yang dipelajari dari kitab-kitab klasik.


Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain