Selamat Datang di Brawirawi
Dapatkan Info Beasiswa Terbaru dan Terupdate
Lihat Yuk!

5 Jenis Ketupat Idul Fitri dari Berbagai Daerah di Indonesia

 5 Jenis Ketupat Idul Fitri dari Berbagai Daerah di Indonesia




Lebaran Idul Fitri kurang lengkap tanpa ada hidangan ketupat. Setiap daerah di Indonesia pun memiliki hidangan ketupat dengan keunikan tersendiri.
Ketupat sudah jadi ikon ketika lebaran Idul Fitri. Menyajikan ketupat ketika lebaran bahkan sudah menjadi tradisi sejak turun temurun dan masih berlangsung hingga sekarang.

Ketupat biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi untuk makan lauk gurih. Ketupat juga memiliki jenis yang berbeda-beda di setiap daerah di In

Perbedaan tersebut ada pada bentuk, bahan baku hingga jenis daun pembungkus yang digunakan untuk membungkus ketupat. Selain itu, cita rasanya pun juga berbeda.

Ketupat pulut merupakan hidangan ketupat yang berasal dari Medan. Kata 'pulut' dalam bahasa Medan artinya ketan. Jadi ketupat pulut adalah ketupat yang terbuat dari beras ketan.

Umumnya ketupat pulut dimakan dengan lauk rendang atau gulai kambing. Selain Medan, masyarakat Sumatera Barat juga punya ketupat pulut yang biasa dikonsumsi saat lebaran.

Beras ketan yang digunakan harus benar-benar berkualitas. Bulirnya panjang utuh dan warnanya putih susu. Sebelum diolah beras ketan harus direndam di air dingin selama 1 jam agar pulen.
                                                           

Post a Comment

© Brawirawi - Official. All rights reserved. Developed by Jago Desain